12.5.16

Tips Adsense : Tata Letak Iklan Terbaik

Tips Adsense : Tata Letak Iklan Terbaik
Apa kabar sobat Bizril semua ? Semoga Tuhan selalu memberkahi kita kesehatan dan kelancaran untuk mengerjakan semua aktivitas. Aamiin YRA.

Sebagai blogger yang baik mungkin kita selain rajin menulis di blog juga mengharapkan memperoleh penghasilan dari blog, sebagaimana kita ketahui bahwa diantara seumber penghasilan dari blog dengan memasang iklan Adsense di blog. Tetapi apakah iklan Adsense di blog kita sudah optimal ? Jika belum optimal maka harus diatur kembali agar bisa optimal. Dalam post ini akan dibahas tips adsense tentang tata letak iklan terbaik.

Meskipun memaksimalkan kinerja iklan dengan AdSense itu menyenangkan, kamu juga harus memperhatikan pengalaman pengguna dan kebijakan program AdSense saat menempatkan iklan dalam situs blog kamu. Berikut ini beberapa kiat yang perlu diperhatikan:

Pertama, pikirkan baik-baik tentang pengguna kamu
Tata konten situs blog secara logis dan jadikan situs blog mudah dinavigasi. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat memilih posisi iklan kamu:
  • Apa tujuan yang ingin dicapai pengguna ketika mengunjungi situs blog saya?
  • Apa yang dilakukan pengguna saat menampilkan laman tertentu?
  • Di mana kemungkinan besar perhatian mereka terarah?
  • Bagaimana cara mengintegrasikan iklan ke area tersebut tanpa menghalangi pengguna?
  • Bagaimana cara menjaga penampilan laman tetap bersih, rapi, dan mengundang?

Berpikirlah seperti seorang pengguna dan mungkin kamu akan melihat laman (dan penempatan iklan kamu) dalam sudut pkamung yang sama sekali berbeda. Jika mudah menemukan yang dicarinya, pengguna akan kembali ke situs blog kamu. Selain itu, pilih gaya iklan yang mudah dibaca pengguna.

Pamerkan konten kamu

Lihat contoh tata letak situs blog !

Contoh yang bagus: tata letak situs blog yang mengutamakan konten

 Contoh yang bagus: tata letak situs blog yang mengutamakan konten  Contoh yang bagus: tata letak situs blog yang mengutamakan konten

Contoh yang buruk: tata letak situs blog yang mendorong konten ke paro bawah layar

Contoh yang buruk: tata letak situs blog yang mendorong konten ke paro bawah layar

Tempatkan iklan di dekat konten yang diminati oleh pengguna, pastikan juga agar pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari. Misalnya, jika situs blog kamu menawarkan unduhan, pastikan tautan unduh ada di paro atas dan mudah ditemukan.

Buat iklan tetap tampak seperti iklan

Memilih warna iklan yang melengkapi situs blog kamu memang bagus, namun jangan menjajarkan gambar dengan iklan atau membuat konten yang berdekatan menyerupai format iklan tersebut. Menampilkan iklan dengan cara ini dilarang oleh kebijakan program kami.

Sebut iklan apa adanya

Meskipun kamu mungkin tergoda untuk menyebut iklan sebagai "sumber informasi" atau menempatkannya tepat di bawah judul situs blog, hindari label dan judul yang dapat menyesatkan pengguna. Unit iklan hanya boleh diberi label sebagai "Iklan" atau "Pesan sponsor". Selain itu, hindari menempatkan iklan di lokasi yang membuatnya bisa salah diartikan sebagai menu, navigasi, atau tautan unduhan.

Jangan berlebihan

Meskipun kebijakan kami membolehkan kamu menempatkan 3 unit iklan, 3 unit tautan, dan 2 kotak telusur pada setiap laman situs blog kamu, menempatkan jumlah iklan maksimum pada laman dapat membuatnya terlihat berantakan. Jika pengguna tidak menemukan apa yang dicari mereka di situs blog kamu, pengguna mungkin berpaling ke situs blog lain untuk mendapatkan informasi.





Tinjau situs blog kamu

Luangkan waktu untuk menjelajahi situs blog dan pikirkan bagaimana pengalaman yang akan dirasakan oleh pengguna yang baru berkunjung pertama kali. Jika kamu menggunakan pembuat kerangka untuk situs blog, periksalah lebih saksama bahwa iklan, termasuk label "Iklan oleh Google" atau "PilihanIklan", tampil dengan benar.

Setelah kamu selesai menata letak situs blog, tanyakan pada diri sendiri dua hal ini:
  • Apakah konten mudah ditemukan?
  • Apakah konten dan iklan situs blog dapat dibedakan dengan mudah?

Jika jawaban keduanya adalah ya, berarti semua yang kamu lakukan sudah benar.

4 komentar:

  1. Terima kasih mas , sangat bermanfaat untuk belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Iosi Pratama: Sama-sama, semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Kalo di bawah judul atau di tengah - tengah posting gimana bos ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Perangkat Keras Komputer: Di bawah judul bagus, di tengah postingan bisa aja tapi tidak direkomendasikan, terlalu banyak bahkan mengganggu pembaca juga kurang baik, kecuali kunjungan sudah di atas 10.000 per hari

      Hapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.