BizriL blog

26.4.17     + Bagikan / Simpan Post Ini

Trik Install Windows 10 64 bit di Asus A456UR

Trik Install Windows 10 64 bit di Asus A456UR
Selamat siang sobat Bizril di mana saja berada, mudah-mudahan kita semua selalu dalam kondisi sehat dan selalu sukses, Aamiin YRA.

Tadi sudah dibahas mengenai Trik Install Windows 7 di Asus A456UR, nah.. sekarang Bizril mau bahas Trik Install Windows 10 di Asus A456UR. Sepertinya menginstall Windows 10 di laptop ini tidak akan menemukan kendala karena memang A456UR didesain untuk menggunakan Windows 10. Untuk Windows 10 32 bit memang lancar tanpa kendala, tetapi untuk Windows 10 64 bit ternyata.. engga semudah yang dikira dan butuh trik khusus.

Butuh trik khusus untuk menginstall Windows 10 64 bit di Asus A456UR yang ternyata semuanya di luar perkiraan, karena memang laptop ini menggunakan processor intel i5 64 bit generasi ke 7 (Kaby Lake), awalnya menyangka akan lancar-lancar saja. Pembaca tulisan ini mungkin salah satunya.

Saat menginstall Windows 10 64 bit di laptop Asus A456UR saya menemukan masalah yang saya lumayan rumit yaitu BSOD (Blue Screen of Death), di mana instalasi Windows berhenti begitu saja tanpa ada jalan ke luar, keterangan yang muncul pun berubah-ubah,kadang MEMORY_MANAGEMENT kadang juga PAGE_FAULTPIN_NON_PAGED_AREA sehingga masalah ini betul-betul membuat pusing.

Mencari referensi google ke mana-mana, banyak situs yang membahas error itu, baik situs berbahasa asing maupun bahasa Indonesia, tapi bukan pada saat instalasi, melainkan setelah Windows berjalan.

Beberapa situs bahkan ada yang mengatakan hardware memory tidak cocok atau rusak, setelah dibuka ternyata memory bawaan Asus A456UR tidak duduk pada posisi slot memory, melainkan onboard, bersatu dengan hardware lain seperti VGA, LAN dan USB.

Akhirnya saya menemukan sebuah situs yang membahas mengenai error BSOD saat install Windows 10 64 bit di Asus A456UR. Dan ternyata.. penanganan masalah pun engga serumit yang disangka, sangat-sangat mudah yaitu hanya dengan setting BIOS.

Caranya :


1. Nyalakan laptop

2. Tekan tombol F2 saat muncul logo Asus (untuk masuk ke BIOS)

3. Geser panah kanan ke menu SECURITY

4. Panah ke bawah dan pilih I/O Interface Security

5. Pilih LAN Network Interface, tekan Enter

6. Panah ke bawah pilih [LOCK]

7. Keluar dan Simpan (bisa langsung Tekan F10)

8. Booting laptop dan Install Windows 10 64 bit seperti biasa



Nah.. ternyata permasalahannya ada pada setting hardware Kartu jaringan / Ethernet card / LAN card pada BIOS Asus A456 UR, setelah LAN dinon-aktifkan instalasi Windows akan berjalan normal seperti biasanya sampai selesai.

Mungkin ini permasalahan pada firmware BIOS Asus A456UR dan saya belum sempat mengupdatenya dengan versi terbaru, karena sampai Windows 10 64 bit selesai diinstall, setting LAN engga bisa diaktifkan lagi, kalau diaktifkan lagi akan kembali muncul BSOD saat loading Windows.

Sampai saat ini belum bisa menggunakan LAN Card, walaupun hardware sudah terdeteksi oleh system Windows tetapi engga bisa diinstall drivernya.

Mungkin kamu ada yang sudah berhasil mengatasi permasalahan BIOS Asus A456UR dengan cara update firmware BIOS, jika sudah silahkan beri komentar di sini.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Bizril blog :



facebook comments
logo32g 8 comments

8 komentar:

  1. Ternyata yang bikin pusing beberapa hari ini sangat tidak terduga, awalnya dikira masalah atau error pada memory, tetapi hanya masalah pada firmware Bios, terima kasih atas semuanya informasinya mas Bizril.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, saya juga pernah dipusingkan saat menginstall laptop asus a456ur ini, semoga bermanfaat dan terimakasih atas komentarnya.

      Hapus
  2. Aku kira rusak atau apa udh panik aja trimakasih ya bizril

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti saya, awalnya samengira hardware memori rusak atau tidak kompatibel, ternyata.. hanya firmware bios saja jadi harus disetting bios. semoga bermanfaat dan terimakasih atas komentarnya.

      Hapus
  3. Mau nanya dong, kalau ingin install windows untuk laptop asus yang os nya DOS dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rena Dianti:
      Bisa pakai master OS yang sudah disiapkan di CD atau USB, untuk membuat master setup di CD USB banyak tutorialnya di google aja

      Hapus
  4. Yaela slama ini rupanya ini, bener2 bikin tegang-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rizky alivan willyanto:
      Iya gan, dibuat stress sama hal yang engga samasekali kepikiran :)

      Hapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.