BizriL blog

26.4.17     + Bagikan / Simpan Post Ini

Trik Install Windows 7 di Asus A456UR

Trik Instal Windows 7 di Asus A456UR
Selamat pagi sahabat Bizril, bagaimana kabar anda hari ini? Semoga kalian semua selalu sehat dan sukses. Aamiin YRA.

Kemarin saya diminta adik untuk install ulang laptop barunya yaitu Asus A456UR yang mengusung processor intel generasi ke 7 (Kaby Lake). Memang laptop ini speknya lumayan, dengan processor intel i5 RAM 4gb.

Adik saya maunya diinstall pake Windows 7 karena awalnya pake Windows 10 dirasanya berat, padahal.. ternyata bukan karena Windowsnya tetapi karena banyak virusnya hehehe..

Menginstall Windows 7 pada laptop ini memang tidak semudah yang disangka, karena dari pabrikannya laptop ini dibuat untuk menggunakan Windows 10, makanya perlu trik khusus untuk menginstall Windows 7 di Asus A456UR dengan processor generasi ke 7 (Kaby Lake) ini.
(Baca : Trik Instal Windows 10 di Asus A456UR).

A. Jenis Partisi Hardisk
Permasalahan pertama adalah pada Jenis Partisi hardisk, di mana Windows 7 karena dibuat sekitar tahun 2007-an maka ia dianggap jadul karena masih mengusung jenis partisi MBR (Master Boot Record), sedangkan partisi hardisk bawaan Asus A456UR ini adalah GUID Partition Table (GPT).

Nah.. masalah muncul saat mau memilih partisi hardisk yang mau diinstal, ternyata tidak ada 1 partisi pun yang mau diinstall Windows 7, karena bawaannya menggunakan partisi GPT, untuk mengatasi hal solusinya yaitu "harus diubah partisinya dari semula GPT menjadi MBR".

Untuk mengubah partisi dari GPT ke MBR memang tidak terlalu sulit, bisa dilakukan saat menginstal Windows 7, namun resiko fatal mengubah partisi adalah kehilangan semua data yang sudah ada di dalam hardisk, oleh karena itu sebelum mengubah partisi hardisk disarankan untuk melakukan backup data dalam hardisk ke hardisk lain atau flashdisk, sesuai dengan kapasitas datanya.

Untuk mengubah partisi hardisk dari MBR ke GPT silahkan ikuti cara-caranya pada artikel ini :
"Mengganti Partisi Hardisk GPT ke MBR dan Sebaliknya".

Jika partisi hardisk sudah diubah ke MBR, berikutnya bisa install Windows 7 seperti biasanya.

B. Driver
Asus A456UR ini mengusung teknologi terbaru dari keluarga intel generasi ke 7 (Kaby Lake) maka ia diciptakan untuk menggunakan Operating System (OS) terbaru juga yaitu Windows 10, makanya di website-nya hanya disediakan Driver untuk Windows 10.
(Baca Juga : Trik Mencari Asus A456UR pada Situs Resmi Asus).

Untuk Windows 7 maka driver harus cari sendiri, walaupun ada sebagian driver Windows 10 yang bisa digunakan, memang bisa menggunakan aplikasi khsusus driver umum seperti Driverpack, tapi harus menggunakan versi terbaru dan itu pun engga support semua driver.

Untuk mencari driver yang sesuai maka harus mencari driver dari internet, pencarian jenis driver yang paling mudah dengan cara mencari sesuai Hardware Id's driver tersebut, karena pada setiap hardware pasti memiliki Harware Id's untuk menentukan Pabrikan / Vendor (VEN) dan tipe Device (DEV) dari hardware tersebut. Jika kesulitan menemukan driver Asus A456UR yang sesuai untuk Windows 7, saya sudah mendownloadnya silahkan hubungi lewat kontak yang ada di blog ini.

C. Permasalahan
Hampir semua hardware Asus A456UR ini bisa diinstall di Windows 7, kecuali 1 hardware saja yang tidak bisa diinstal yaitu touchpad sehingga harus menggunakan mouse external. Tiuchpad tidak terdeteksi oleh system Windows walaupun sudah diinstal driver terbaru dari ELAN1000.

Selain touchpad ada lagi hardware yang terdeteksi olwh system tapi tidak dapat diinstal driver yaitu Intel Management Engine, Hampir semua driver sudah dicoba dan chipset juga sudah sesuai masih tetap driver tidak bisa diinstall, tetapi ini sama sekali tidak mengganggu kinerja laptop.

Jika anda menemukan permasalahan atau ingin berbagi tentang menginstall Asus A456UR silahkan kirim komentar.

Semoga Bermanfaat

Baca Juga Artikel Lainnya dari Bizril blog :



facebook comments
logo32g 6 comments

6 komentar:

  1. Untuk install driver apakah bisa menggunakan driver pack gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fredy Ardian: Seperti dijelaskan di atas, bisa saja menggunakan driverpack versi terbaru, tetapi saat ini menggunakan versi 15.2 hanya beberapa hardware saja dan tidak semua hardware terinstall, memang sebaiknya menggunakan driver aslinya kalau ada. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah memberikan komentarnya.

      Hapus
  2. bisa minta link driver usb ma driver vga Asus A456UR yg work untuk win7 nya gan?
    ane nyoba pertama instal win7 64bit bisa, cuma kenapa yah usb nya ga detek? mo instal yg laen jd susah.. T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Punto: link-nya saya lupa, tapi file-nya masih ada, untuk usb3 ukuran kecil, tapi kalau semua lumayan besar engga bisa diupload, untuk asus a456ur bisa cari di situs resminya : Driver Asus A456UR

      Hapus
    2. minta tolong lah gan.. kirim ke imel brutus_nich@yahoo.com yah... plis.. cm driver usb aja kok.. driverpack uda ada di fd, cm mo naro ke laptop nya gak bisa(gak detek).. di situs resmi uda donlot jg.. nah itu kendalanya cm gak bs masuk ke laptop a456ur dari fd.. T_T

      sebelum n sesudahnya terima kasih ...

      Hapus
    3. @Punto: Kayaknya mending di-share di sini aja ya gan.. biar bisa dipake orang lain juga jika dibutuhin.
      Ini link-nya gan: Download Driver USB3.0 Asus A456UR

      Hapus

Bizril Blog ™ adalah DoFollow blog
.
Tulislah komentar dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan). Usahakan agar komentar anda relevan dengan topik bahasan.
Boleh menyertakan 1 link pada komentar, tetapi jika lebih dari 1 link akan dihapus.
Terimakasih atas komentar anda.